Memutihkan kulit tidak harus selalu di wajah saja, namun tangan dan kaki juga perlu. Tujuannya adalah supaya kulit tubuh menjadi cerah menyeluruh dan tidak belang, dimana wajah tampak cerah tapi tubuh tampak kusam.

Cara kulit putih alami untuk tangan dan kaki dapat didapat dengan menggunakan aneka bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Perawatan untuk kulit tangan serta kaki sendiri akan berbeda dengan perawatan kulit wajah karena teksturnya yang berbeda. Perawatan kulit di bagian tangan dan kaki sendiri memang bisa menggunakan produk instan seperti hand cream atau foot cream.

Perawatan Agar Kulit Tangan dan Kaki Putih Alami

Namun, menggunakan bahan alami akan dapat memberikan kelebihan tersendiri yaitu tidak adanya efek samping yang ditimbulkan serta lebih terjangkau. Inilah mengapa perawatan secara alami lebih banyak dipilih. Berikut adalah cara kulit putih alami dengan memanfaatkan aneka bahan yang terdapat di sekitar kita.

  1. Pertama, kita bisa menggunakan bengkoang. Dalam bengkoang terdapat vitamin B yang akan mencerahkan kulit di bagian tangan serta kaki. Sediakan bengkoang secukupnya. Kupas, cuci bersih kemudian parut bengkoang tersebut. Peras parutan sehingga didapat air berwarna putih. Diamkan semalaman sampai terbentuk endapan di dasarnya. Ambil endapan ini dan gunakan sebagai masker pada tangan serta kaki. Diamkan tiga puluh menit dan bilas dengan air dingin.
  2. Kedua, gunakan jeruk nipis. Dalam jeruk nipis terdapat senyawa asam yang bisa memutihkan kulit tangan serta kaki. Siapkan satu buah jeruk nipis segar. Belah dua dan peras lalu tempatkan airnya dalam wadah. Oleskan perasan tersebut pada tangan serta kaki secara merata. Diamkan tiga puluh menit sambil dipijat ringan. Bilas menggunakan air hangat.
  3. Ketiga, kita bisa membuat scrub alami berbahan gula, pisang serta madu. Sediakan gula pasir sebanyak dua sendok makan, pisang serta madu secukupnya. Campurkan semua bahan dan oleskan merata pada seluruh tangan serta kaki. Gosok dengan gerakan melingkar. Bilas menggunakan air hangat.
  4. Keempat, kita bisa menggunakan beras. Bahan untuk cara kulit putih alami ini bisa kita dapatkan dengan mudah. Dalam beras terkandung vitamin B1 dan banyak digunakan oleh wanita Jepang untuk perawatan kulitnya. Siapkan beras secukupnya dan tumbuh sampai halus menjadi tepung. Tambahkan sedikit saja air hangat hingga terbentuk krim atau pasta. Oleskan merata pada seluruh tangan dan kaki. Diamkan satu jam dan bilas menggunakan air hangat.
  5. Cara putih kulit alami berikutnya dapat menggunakan susu serta yoghurt. Campurkan susu serta yoghurt. Oleskan ke seluruh bagian kaki dan tangan. Pijat sebentar selama sepuluh detik dan diamkan selama tiga puluh menit. Bilas menggunakan air dingin. Gunakan campuran susu serta yoghurt ini setelah selesai mandi.
  6. Bahan alami lain yang dapat kita gunakan selanjutnya adalah masker pepaya. Dalam pepaya terdapat vitamin E yang akan membantu memutihkan tangan serta kaki. Sediakan pepaya secukupnya, hancurkan dan tambahkan dengan sedikit madu. Campurkan keduanya hingga membentuk krim atau pasta. Oleskan merata ke seluruh tangan serta kaki dan pijat selama sepuluh detik. Diamkan tiga puluh menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan masker pepaya ini setelah selesai mandi.
  7. Rempah kunyit ternyata bisa juga kita manfaatkan untuk memutihkan kulit tangan dan kaki. Ini karena dalam kunyit terkandung antioksidan alami dalam kadar yang cukup tinggi. Dalam kunyit juga terkandung pigmen kuning sehingga bisa membantu dalam memutihkan tangan dan kaki. Siapkan kunyit secukupnya dan haluskan. Oleskan merata ke seluruh bagian kulit tangan dan kaki. Diamkan sepuluh detik dan bilas menggunakan air hangat.
  8. Bahan alami lain yang dipercaya dapat menjadi cara kulit putih alami adalah putih telur serta jus lemon. Putih telur sendiri kaya akan protein dan lemon terkenal akan tingginya kandungan vitamin C. Campurkan satu butir putih telur dan lemon secukupnya saja. Kocok hingga agak memutih. Gunakan ke seluruh permukaan tangan dan kaki. Diamkan selama tiga puluh menit lalu bilas menggunakan air hangat.
  9. Cara kulit putih alami berikutnya adalah dengan menggunakan batu halus. Cara ini mungkin terdengar aneh, namun ternyata ampuh dalam memutihkan kulit bagian tangan serta kaki. Batu halus akan dapat mengangkat sel kulit mati, kotoran serta sisa keringat yang terdapat pada permukaan kulit. Siapkan satu buah batu yang permukaannya benar-benar halus agar tidak melukai kulit nantinya. Rendam batu selama satu malam dan pastikan benar-benar tidak ada kotoran tertempel. Pagi harinya saat mandi, gosokkan batu perlahan-lahan. Bila perlu, tambahkan juga sabun agar kotoran yang ada pada kulit dapat cepat terangkat. Batu halus dapat juga diterapkan pada bagian tubuh lain, namun jangan gunakan untuk wajah. Bilas menggunakan air dingin apabila sudah selesai.

Selain dengan menerapkan aneka cara kulit putih alami di atas, akan lebih baik lagi apabila kita mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. Termasuk di antaranya adalah konsumsi cukup air putih, makan makanan dengan gizi seimbang, kurangi junk food, hindari rokok dan alkohol, istirahat teratur serta olahraga tiga kali seminggu. Perpaduan antara semuanya tidak hanya akan menghasilkan kulit yang cerah alami tapi juga tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari aneka penyakit. Demikian adalah beberapa cara kulit putih alami yang bisa kita coba sendiri di rumah. Cara-cara tersebut tentu lebih hemat dan terjangkau sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.


Source: tulisansehat.com



YOUR REACTION?


You may also like