Siapa yang tak ingin punya atau mendirikan perusahaan rintisan (startup)? mendapatkan penghasilan sendiri dan tentu saja memiliki banyak karyawan.

1.

Saat ini, mendirikan sebuah startup menjadi pilihan banyak orang. Sebagian dari mereka tak ingin bekerja monoton di kantor dan mendengarkan ceramah dari bos yang tidak membahagiakan. 

Meskipun startup telah menjadi tren bagi kalangan anak muda, mendirikan sebuah perusahaan rintisan tidaklah mudah.

Nah, berikut ini tips membangun sebuah perusahaan rintisan :

1. Temukan Semangat

Langkah pertama yang harus dibangun adalah menemukan semangat, minat dan hasrat. Sebagian besar perusahaa rintisan yang suskes sukses saat ini adalah yang memulai dari kesenangan sendiri. 

Anda bisa memulainya dengan hal yang sama yaitu dengan memulai bisnis dari kesukaan sendiri. Temukan apa yang Anda ingin dalami dan mulailah dari sana.

2. Jadilah Ahli di Bidangnya

Begitu sudah menentukan industri apa yang akan digeluti, maka Anda harus fokus membangun startup kepada bidang itu. Dibutuhkan kesungguhan yang tinggi mengerjakanya.

Fokuslah pada industri yang Anda selami, dan mulailah untuk mengembangkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa menghasilkan uang di industri tersebut.

3. Cari Dukungan

Berbicara mengenai karier pilihan, Anda harus mempunyai dukungan yang kuat dari orang-orang sekitar. Ini bisa berarti keluarga, teman-teman, atau pun lingkungan luar lainya.

Ini berperan penting dalam menentukan langkah besar yang Anda ingin fokus kedepannya.

4. Kejar Sampai Dapat

Minat tak selalu bertemu wadah yang pas pada pertemuan pertama. Anda mungkin saja gagal dalam percobaan pertama, kedua, hingga ketiga dalam mencapai karir impian.

Namun satu yang pasti, jangan pernah berhenti untuk mencoba meraihnya.

5. Keluar dari Zona Nyaman

Saat mengejar mimpi, ini berarti juga Anda siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi kemudian.

Berusahalah untuk selalu menyesuaikan dengan tantangan yang ada, ini membantu kalian berpikit solutif dan juga kritis terhadap masalah.

6. Jangan Malu untuk Minta Tolong

Selalu menyenangkan bisa menyelesaikan semua deadline seorang diri, tetapi perlu diingat bahwa tak semua hal mampu dikerjakan seorang diri.

Jangan malu minta tolong jika dirasa perlu. Hubungi teman, keluarga, ataupun dosen teman-teman untuk meminta bantuan saat kesulitan. Siapa tahu mereka bisa membantu.

7. Yakin pada Diri Sendiri

Saat mengejar mimpi, semua seperti mudah jika melihatnya lewat film pun media-media lain yang ada. Faktanya, teman-teman pasti naik turun menghadapi fakta-fakta dilapangan dalam meraih karir impian.

Teruslah yakin dengan pilihan karirmu dan berikan aksi yang konsisten untuk mencapainya.


Sumber  : bisnis.liputan6.com

YOUR REACTION?