Akhirnya, solusi layar smartphone yang gampang retak sudah ditemukan. Nantinya, kamu tidak perlu pusing lagi dengan retaknya layar smartphone yang mengganggu tampilan, butuh biaya mahal untuk memperbaiki, hingga kadang membuatmu berpikir untuk membeli smartphone baru.

1.

Karena, ilmuwan di Jepang kini sedang mengembangkan jenis kaca smartphone baru yang bisa kembali utuh hanya dengan sekali sentuh. Kaca yang dikembangkan adalah kaca berbahan polyether-thioureas dengan struktur kuat yang mampu ‘menyembuhkan diri sendiri’.

Secara mekanis, polyether-thioureas memanfaatkan senyawa thiourea yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan ikatan hidrogen padat dalam material, sehingga mampu memperbaiki diri dengan mudah dalam suhu kamar, sehingga tidak perlu pemanasan tingkat tertentu.

Ditemukan dengan tidak sengaja

Kemampuan unik polyether-thioureas ternyata ditemukan dengan tidak sengaja. Semua bermula ketika para ilmuwan dari Universitas Tokyo bermaksud bereksperimen membuat bahan perekat jenis baru dari polimer.

Selama penelitian, salah seorang ilmuwan yang juga mahasiswa pascasarjana di jurusan kimia dan bioteknologi bernama Yu Yanagisawa, justru merasa heran dengan temuannya.

Alih-alih menjadikan polimer sebagai lem, dia justru mendapati permukan polimer yang sudah dipotong bisa kembali ke kondisi semula setelah ditekan menggunakan tangan selama 30 detik pada suhu kamar 21 derajat Celsius.

Merasa tidak yakin, Yanagisawa pun langsung mengadakan serangkaian percobaan lanjutan yang ternyata berhasil memperlihatkan sejumlah keunggulan lain dari polyether-thioureas.

Ramah lingkungan

Selain merupakan bahan keras pertama yang bisa menyembuhkan diri dalam suhu kamar, kaca smartphone berbahan polyether-thioureas juga diklaim sebagai bahan ramah lingkungan dan menghindari smartphone dibuang saat terjadi kerusakan pada layar.

Tentu, ini menjadi kabar baik bagi sejumlah produsen smartphone seperti Apple yang lebih memilih kaca ketimbang plastik, karena kaca lebih mudah didaur ulang. Apalagi, secara umum orang juga lebih tertarik pada bahan kaca ketimbang plastik jika bicara soal desain dan fungsi.

Hm.. kira-kira, produsen mana ya yang bakal menggunakan kaca polyether-thioureas untuk pertama kalinya dalam dunia smartphone?

Kita tunggu saja.


Sumber : www.inovasee.com

YOUR REACTION?