Vagina yang perawan adalah vagina yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Banyak ciri-ciri yang menunjukkan bahwa vagina masih perawan, salah satunya belum robeknya selaput dara. Apa ciri-ciri lainnya?

1. Serba-serbi selaput dara

Serba-serbi selaput dara

Selaput dara atau dalam dunia medis disebut hymen, adalah membran atau selaput yang terletak pada pembukaan vagina atau bagian tepi bawah vagina. Pada umumnya, pemeriksaan keperawanan dilakukan dengan memeriksa keadaan selaput dara atau hymen.

Selaput dara dapat meregang dengan sendirinya atau bahkan pecah, meskipun selama pertumbuhan dan perkembangan tidak terjadi penetrasi. Wanita yang aktif bermain olahraga atau menggunakan tampon bisa jadi tidak memiliki selaput dara lagi.

Pada vagina perawan, ketika selaput dara pecah, mungkin terjadi pendarahan dan rasa sakit. Jika pecahnya selaput dara bukan karena berhubungan seksual untuk pertama kali, bisa saja selaput dara kembali ke kondisi normal.

Selaput dara ini cenderung tipis pada anak-anak dan menebal pada permulaan pubertas karena perubahan hormon.

Meski demikian, banyak wanita yang melakukan operasi perbaikan selaput dara karena ingin memperbaikinya sebelum menikah. Hal ini bisa jadi merupakan pilihan pribadi atau masalah moral.



YOUR REACTION?


You may also like