Menjadi pemimpin yang bijak dan menyenangkan merupakan tantangan yang berat bagi setiap atasan.

1.

Di satu sisi, kamu harus mampu membuat bawahan hormat, namun di sisi lain juga harus membuat bawahan tidak tertekan dan menyukai sikap kamu. Supaya bisa jadi atasan yang disukai, ketahui dulu yuk 5 cara berikut ini!

1. Mengenal Bawahan dengan Baik

Hal pertama yang paling simple untuk menjadi atasan yang disukai adalah mengetahui nama-nama bawahan. Tetapi, mengenal di sini tidak cukup hanya mengetahui nama. Kamu juga harus mengetahui karakter dan kemampuan masing-masing bawahan agar mereka merasa dihargai.

Dengan mengetahui karakter dan kemampuan bawahan, kamu dapat mendelegasikan tugas pada orang yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jika ada bawahan yang kurang baik dalam suatu pekerjaan, bantulah secara khusus dengan memberikan training sehingga ia tidak merasa terbebani dengan tugasnya dan lebih sukseske depannya.

2. Menguasai Pekerjaan Lebih Baik dibandingkan Bawahan

Menjadi atasan bukan berarti kamu bisa bebas memberikan semua tugas kepada bawahan karena tanggung jawab kamu lebih besar! Kesalahan yang dilakukan bawahan adalah tanggung jawabmu, ini berarti kamu harus memastikan apa yang dikerjakan mereka  sudah benar. Untuk mengetahui benar atau tidak, kamu harus menguasai pekerjaan bawahan. Jika ini merupakan hal yang baru, berarti kamu perlu belajar tentang tugas-tugas ini.

Kamu bisa kehilangan rasa hormat dari bawahan jika mereka melihat kamu tidak menguasai hal yang mereka kerjakan. Ingat, kadangkala mereka membutuhkanmu sebagai tempat bertanya atau meminta saran dan mengambil keputusan. Agar menjadi atasan yang disukai, kamu harus bisa jadi tempat bersandar mereka!

3. Ciptakan Keakraban

Walau kedudukanmu lebih tinggi, jangan menjaga jarak dan menciptakan batasan dengan bawahan. Hilangkan sikap angkuh atau menjaga image secara berlebihan. Jika kamu berpikir atasan yang berwibawa adalah yang ditakuti dan dihormati, itu tidak sepenuhnya benar. Akan lebih baik jika kamu mau berbaur dengan bawahan dalam batas yang wajar.

Memang harus ada sikap yang membuat bawahan menghormati kamu, tetapi bukan berarti kamu harus benar-benar terpisah dari mereka. Sikap yang otoriter dapat membuat bawahan kesal dan dapat membuat kamu kehilangan kesetiaan mereka. Hal yang dapat kamu lakukan agar tercipta keakraban misalnya dengan makan siang bersama atau berolahraga bersama agar tetap fit diakhir pekan. Suasana yang akrab akan memudahkan mereka untuk membuat kamu menjadi atasan yang disukai.

4. Siap Menerima Masukan

Jangan menganggap masukan dari bawahan sebagai serangan untuk mengalahkan kamu. Coba dengarkan masukan mereka. Anggap saran-saran tersebut dapat membantu kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sikap menerima kritikan dapat membuatmu mendapatkan respek dan rasa hormat dari bawahan. Menjadi atasan yang disukai bukan mimpi jika kamu dapat melakukan hal ini.

5. Perbaiki Penampilan

Jika sebelumnya kamu cuek dengan penampilan, coba deh lebih peduli dengan masalah ini. Penampilan memang bukan segalanya, tetapi akan mempengaruhi penilaian orang tentangmu. Apalagi sebagai atasan tentunya kamu harus presentasi atau meeting klien. Penampilan yang buruk dapat merusak citra perusahaan.

Penampilan yang baik di kantor juga dapat menjadi teladan untuk bawahan. Tentunya kamu juga tidak menyukai penampilan bawahan yang berantakan bukan! Penampilan yang bersih, rapi, dan wangi akan membuat mereka menghormati sekaligus mencegah pembicaraan yang tidak enak tentang penampilan kamu.

Menjadi atasan yang disukai dapat membuat suasana kantor lebih hidup dan meningkatkan produktivitas kerjabawahan. Jangan lupa untuk memuji dan memberikan credit pada keberhasilan bawahanmu. By the way, sikap atasan yang seperti apa yang tidak kamu sukai?


Sumber  : jurnal.maskoolin.com

YOUR REACTION?