Sebagai orang tua, kesehatan si kecil adalah prioritas utama. Seperti mulai dari makanan dan minuman bayi, hingga popok yang digunakan pasti dipilih secara selektif Tidak heran lagi apabila bayi mengalami gejala-gejala yang mengkhawatirkan, setiap orang tua pasti akan merasa panik.

Sering muntah misalnya. Meskipun kelihatannya wajar, bayi yang sering muntah tidak boleh disepelekan. Karena ternyata, muntah bisa dianggap sebagai gejala sebuah penyakit. Untuk mengatasinya, kita wajib tahu apa saja yang menyebabkan gejala ini muncul pada bayi.

5 Penyebab Bayi Sering Muntah

Sebagai referensi, berikut merupakan 5 penyebab bayi sering muntah beserta cara mengatasinya, yaitu:

1. Gastroentritis Akut

Gastroentritis  merupakan infeksi organ dalam yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala penyakit ini biasanya diawali dengan demam ringan, sering muntah, diare hebat, dan nyeri pada perut. Gejala-gejala tersebut biasanya berlangsung selama 3 sampai 7 hari. Jika ini yang dialami bayi, mulailah untuk waspada.

Karena gejala ini mengakibatkan bayi kekurangan cairan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memulihkan kondisi. Setelah bayi muntah, tunggu sekitar 30-60 menit sebelum memasukkan apapun ke dalam perutnya. Setelah dirasa cukup, beri bayi cairan berupa air putih atau ASI sesendok demi sesendok.

Jika masih muntah, biarkan dan beri jeda beberapa saat sebelum Anda memasukkan cairan lagi. Prinsipnya yang penting kondisi bayi pulih dulu karena tubuh mereka baru kehilangan banyak cairan. Setelah dirasa pulih, Anda bisa mengajak bayi ke dokter atau memberinya obat yang diperlukan.

2. Sering Muntah Setiap Minum ASI

Hal ini biasanya terjadi saat bayi berumur sekitar 2 minggu hingga 4 bulan. Penyebabnya adalah penebalan otot pada jalan keluar perut atau yang dikenal dengan istilah hypertrophic pyloric stenosis. Penebalan ini menyebabkan makanan (ASI) susah masuk ke dalam usus halus.

Untuk mengatasinya, operasi melebarkan jalan keluar pada perut bayi harus dilakukan. Tapi jangan panik dulu, tidak semua muntah yang terjadi setelah minum ASI merupakan gejala kelainan ini. Bisa jadi penyebab muntah tersebut adalah kekenyangan atau alergi MPASI.

Jika masih ragu penyebab sering muntahnya bayi setiap habis disusui, berkonsultasilah dengan dokter anak untuk memutuskan cara yang tepat mengatasi gejala tersebut.

3. GERD (Gastroesophageal Reflux)

GERD merupakan salah satu kelainan yang dapat menyebabkan bayi sering muntah. GERD terjadi ketika otot esofagus bayi dan lambung tidak bekerja dengan benar sehingga makanan beserta asam lambung kembali naik ke tenggorokan. Saat mengalami hal ini, perut, dada, dan tenggorokan bayi akan merasa tidak nyaman.

Jadi apabila bayi tampak sehat tetapi setiap makanan yang masuk selalu dikeluarkan lagi, Anda perlu waspada. Segera bawa bayi ke dokter anak terdekat untuk mendapat penanganan yang lebih profesional.

4. Alergi Makanan

Menurut situs nhs.uk, alergi makanan juga termasuk salah satu penyebab bayi sering muntah. Untuk menentukan apakah anak Anda benar-benar muntah karena alergi, ada beberapa gejala yang mengikuti dan tampak seperti: kulit memerah atau gatal serta bengkak pada wajah, mata, mulut, maupun lidah.

Jika ini yang terjadi, awasi setiap makanan yang masuk dan sekiranya membuat anak muntah. Agar lebih yakin, Anda bisa menjalani tes alergi di rumah sakit atau dokter anak untuk mengetahui makanan apa saja yang tidak cocok bagi bayi.

5. Keracunan

Bayi dan balita sering sekali memasukkan benda asing ke mulut mereka tanpa kita sadari. Jika benda yang dimasukkan beracun seperti obat nyamuk, sabun, lilin, atau hal berbahaya lainnya, secara otomatis tubuh bayi akan melakukan penolakan dengan cara memuntahkan isi perutnya. Apabila ini yang terjadi, segera larikan bayi ke rumah sakit terdekat.

Untuk mencegahnya, awasi betul lingkungan di sekitar tempat tidur atau tempat bermain bayi. Hindarkan barang-barang berbahaya dan beracun dari jangkauan mereka dengan meletakkannya di dalam lemari terkunci atau tempat-tempat yang tinggi. Awasi juga setiap gerak gerik anak agar kita segera tahu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa penyebab bayi sering muntah yang wajib Anda ketahui sebagai orang tua. Karena selain merawat, tugas utama kita adalah menjaga anak tetap sehat dan mencegah mereka terserang penyakit yang berbahaya. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Source: https://harvestsupplement.com




YOUR REACTION?