Penyesalan memang selalu datang di akhir. Memahami kesalahan yang sudah kita perbuat di masa lalu dan mengucap kata maaf menjadi kesulitan tersendiri.

Hal ini bergantung pada kemampuan kita untuk melakukan refleksi, meningkatkan kesadaran diri, dan pengetahuan.

Untuk bisa memaafkan diri sendiri, Anda harus melihat kembali dan memahami kesalahan yang telah diperbuat. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk memaafkan diri sendiri.

1. Cari sisi positif dari berbagai hal

Banyak hal positif yang bisa diambil dari setiap peristiwa. Kegagalan dan kesalahan seharusnya menjadi motivasi bagi Anda untuk bisa bertumbuh, berpikir dewasa, dan memahami hidup yang lebih baik.

Oleh sebab itu, renungkanlah masalah tersebut dan temukan sisi positifnya. Dengan begitu, akan terlontar kata maaf untuk diri sendiri.

2. Tentukan bagaimana akan mengampuni

Mungkin Anda kerap merasa bersalah atau bertanggung jawab atas sesuatu yang telah terjadi. Hal inilah yang membuat Anda sulit untuk memaafkan diri sendiri. Kenangan yang menyakitkan membutuhkan waktu tersendiri untuk bisa mengatasi situasi tersebut.

Oleh sebab itu, tunjukkan pada diri sendiri bahwa Anda dapat mengubah dan memperbaiki situasi menyakitkan tersebut. Dengan begitu, Akan lebih mudah bagi Anda untuk dapat memaafkan diri sendiri.

Memaafkan diri sendiri dengan mencintai diri di atas segalanya

3. Cintai diri Anda di atas segalanya

Terkadang, Anda tidak dapat memaafkan kesalahan karena tidak mencintai diri sendiri. Lantaran Anda sering mengkritisi diri sendiri lebih dari orang lain. Padahal, dengan mencintai, Anda akan lebih memudah membuka pintu maaf bagi diri sendiri.

4. Pikirkan masa depan

Hambatan yang mengganjal seseorang memaafkan dirinya sendiri adalah tidak pernah mau berpikir maju. Hal ini akan terus membuat Anda berada terjebak dalam penyesalan secara terus menerus.

Oleh sebab itu, cobalah untuk melepaskan beban penyesalan dengan merencanakan dan menentukan tujuan. Tinggalkan hal-hal di masa lalu yang tidak penting dan berpikir ke depan.

5. Mulai dari nol

Memulai semuanya dari awal adalah cara yang baik untuk bisa memaafkan diri sendiri. Kendati berat, Anda harus mencoba untuk meninggalkan rasa sakit yang dialami dan melangkah maju. Ambil kesalahan Anda sebagai pelajaran dan terapkan hal tersebut pada sikap yang baru.

6. Tumbuh secara spiritual

Untuk memaafkan diri sendiri, melakukan kegiatan yang membangun rohani dan emosional akan sangat membantu. Oleh sebab itu, Anda mungkin harus mencoba beberapa aktivitas spiritual, seperti bermeditasi, berdoa, mengikuti ritual, dan pergi ke psikolog.

7. Menghargai hidup Anda saat ini

Untuk bisa memahami diri sendiri, Anda perlu menikmati hari ini semaksimal mungkin. Hindari kesedihan dan kecemasan di masa lalu yang membuat diri kita tidak bisa menikmati hari. Cobalah untuk selalu bersyukur atas anugerah yang Anda terima sepanjang hari.


Sumber : health.liputan6.com

YOUR REACTION?